Pemateri Yang Handal

Sejak saya mulai mengenal dengan dunia persekolahan ada yang terlintas bahwa yang namanya pemateri.Pemateri itu seorang yang dipercaya dan diminta membagikan ilmunya.Tentu itu orang hebat sekali kala itu aku pikirkan.

Namun berangsurnya waktu aku juga ada dalam zona itu,dimana aku juga sebagai pemateri.Bukan hebat sekali.Tetapi sebagai pemateri dalam ruang kelas.Ada pertanyaan yang kemuadian dilontarkan tatkala usai membagikan sedikit ilmu yang juga sudah dipersiapkan dalam power point.

Lama sekali proses persiapan itu.Jangan kaget,karena berdasarkan hasil copy paste dari yang ada.Biasa anak milenial,yang pandai mengkritisi namun ciut berkontribusi.Kata orang tong kosong nyaring bunyinya.

Itulah perilaku pemateri dalam ruang kelas.Cepat menyerah dan kadang membanggakan diri jika bisa membatasi penanya dan juga dapat memberikan sebuah ungkapan yang kadang sedikit menyakitkan.

Pertanyaan kamu tidak berkaitan dengan materi yang kami bawakan.Apakah kamu hanya berusaha untuk menguji dan menjatuhkan kami.Kalimat pembelaan diri terus terlontar seolah menjadi seorang pengkritis ulung.

Bukannya menjadi pemateri yang baik adalah mencoba menjawab pertanyaan dari penanya tanpa harus memberikan kata pembelaaan dan kemudian tidak menjawab.Memberikan sebuah pengarahan dan titik temu dari pertanyaan yang di lontarkan walaupun menyimpang dari materi.Harus kita pahami,mengapa penanya mengutarakan pertanyaan itu.Mungkin saja ada kaitan namun,kita yang belum mendalami itu secara saksama.

Dan janganlah kita mengatakan atau berpikiran buruk bahwa penanya hanya mencoba menguji kita.Sebenarnya,penanya hanya mau memberikan sebuah pengetahuan baru bahwa ada kaitan tentang materi itu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s