Biji Jeruk Emas

Ada sebuah cuplikan video pendek yang barangkali kita semua sudah menontonnya.Kelihatan begitu sederaha dan tidak masuk di akal.Namun bagi orang yang muka duitan akan terbuka lebar lembar telinga untuk mendengarkan secara lebih saksama kata emas tersrbut.

Inilah adalah pertanda bahwa kita begitu ambisi untuk menjadi sangat kaya.Kita berpandangan bahwa dengan menjadi kaya,kita dapat bertindak semau kita dan dapat dihargai.Sebenarnya tidak juga demikian kebenarannya.

Bagi orang yang sesama kaya akan merasa bangga dan saling mempromosikan kekayaannya,namun bagi orang yang sederhana akan merasa malu untuk berteman.Menurut mereka kamu adalah yang paling bersih dan tidak akan mau jika orang yang kurang bersih seperti mereka masuk dan berkunjung ke rumah kamu.

Polemik yang demikian menjadikan setiap orang salah menafsirkan.Hemat saya,mereka kaya demikianlah tidak sekadar hasil jeri paya sendiri.Bisa saja,mendapatkannya dari kecurangan demokrasi.Kita bisa menutupi kesalahan kita dengan berpura-pura tegas dengan hal KKN,namun itu hanya strategi palsu.

Dengan demikian,saya pikir kita bisa saja dibilang lebih bodoh dari cerdiknya kancil.Kadang kita dibohongi dengan cara sendiri dan oranglain.Inilah kelemahan kita,banyaklah belajar dari setiap kekurangan.Maka,saya mengrapkan janganlah berbuat curang dengan memperalat jabatan sebagai alat mendapatkan uang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s