Krisis Kepercayaan

Polemik yang terjadi pada masyarakat Indonesia yang semakin memonopoli dan menguasai situasi kehidupan.Orang-orang yang bisa dibilang pengecut mengajak orang lain untuk bergabung dalam kepengecutan dan ketakutan dia.Situasi di mana saling kompromi dan takut- menakut dengan mengumbar asumsi pribadinya.Sebenarnya yang menjadi tokoh pengumbar adalah orang-orang pintar dan berpengaruh.

Hal ini sebenarnya strategi mereka untuk terkenal dan dikatakan sebagai orang terkritis yang peka terhadap situasi dan keadaan bangsa dan negara.Namun sebenarnya bukan seperti itu,melainkan ada sisi kepentingan yang tersirat dalam asumsi tersebut.

Apa yang perlu mereka cari sehingga sampai melakukan tindakan gercar dari aksi menakuti orang lain.Sepertinya mereka kurang kerjaan dan kreatif dalam mencari alternatif dari strategi lainnya.Orang yang pandai adalah orang yang sudah melihat resiko dari pengumbaran asumsi tersebut.

Terkadang mereka sendiri juga bingung dengan hasil umbaran mereka tentang rentetan gelombang ketidakstabilan dari keadaan bangsa dan negara.Ketika hal yang mereka umbar itu sudah tersebar luas dan menjadi bahan pembicaraan gentar dari setiap golongan dan kalangan masyarakat,mereka sendiri juga ikut menambah dan memanas situasi soalah mereka tidak tahu menahu tentang akar dari persoalan ini.

Dengan situasi yang demikian,tidak sadar bahwa mereka juga sedang juga dikhawatirkan oleh umbaran mereka sendiri.Lucu juga bukan,mereka sebenarnya terjebak di dalam pukat dan perangkat sendiri.Sebagai masyarakat Indonesia janganlah cepat percaya melainkan harus banyak menelusurinya sehingga tidak terbodohi.Maka banyaklah menambah wawasan dengan banyak membaca dan bertanya.

Terakhir dari ini,kita janganlah menjadi biang pengasut dan pengumbar ketidakpercayaan dan krisis dari setiap lini kehidupan.Melainkan menjadi pemberi pencerahan dari setiap situasi yang sedang dibicarakan,agar tidak membuat masyarakat menjadi takut dan khawatir.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s