Personal dan comunal

Dua sisi dari melihat dan memandang sebuah hal dan peristiwa hidup yang terjadi.Kedua sisi ini mempermudah kita untuk menganalisis suatu peristiwa.Karena sebenarnya bukan hanya ini saja metode yang dapat kita gunakan untuk menganalisis.Namun saya melihat hal yang mudah bagi kita untuk menganalisis sebuah persoalan adalah dengan menggunakan dua hal ini.

Kita memandang dari sisi personal adalah dengan melihat apakah seorang yang terlibat tersebut menggunakan hak kuasanya untuk memanfaatkan kesempatan dalam masalah atau persoalan ini untuk memenuhi kebutuhan dan kepentingannya atau bukan.Demikianlah caranya agar kita tidak salah mengklaim dan mempersalahkan seseorang tampa menganalisis terlebih dahulu tentang kronologi kejadian tersebut.Kronolgi dari sebuah peristiwa harus benar-benar dikritisi agar tidak terjadi kesalahpahaman.

Dari sisi comunal adalah dengan memandang bahwa peristiwa tersebut masih berorentasi pada kepentingan bersama.Suatu kejadian dan peristiwa pasti mempunyai resiko yang tentunya ada negatif dan positif.Namun tidaklah demikian,kita langsung mengklaim bahwa ini tidak baik dan harus dihukum atau apa saja tindakan kita untuk menindaki oknum dari pemimpin kita tersebut.

Kita sebaiknya secara teliti dan pandai dalam memandang dan membaca situasi dan kejadian tersebut. Sebuah kejadian tersebut yang tentunya ada dampak positif dan negatif tersebut,kita perluh melihat secara jelas sisi mana yang lebih dominan.Dengan demikian baru kita katakan dan tindak lanjuti.

Maka dari itu,saya meminta kita semua agar lebih pandai dalam memaknai sebuah peristiwa atau kejadian.Sehingga nantinya tidak salah dan kemudian memberatkan pada yang lain.Dari itu,banyaklah membaca dan bercermin dari setiap persoalan dengan mengedepankan dua sisi ini yaitu personal dan comunal sehingga mempermudah kita dalam menyelesaikan sebuah persoalan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s